Kamis, 14 Mei 2009

ERGONOMIK YANG BERHUBUNGAN DENGAN FAKTOR SUHU DAN UDARA

ERGONOMIK YANG BERHUBUNGAN DENGAN FAKTOR SUHU DAN UDARA

Saat ini pemakaian mesin ketik manual sudah semakin berkurang. Mesin ketik telah digantikan dengan adanya komputer pribadi yang menawarkan berbagai kelebihan dibanding dengan mesin ketik manual. Sehingga, terutama bagi mereka yang mampu, mereka dengan serta merta akan mengganti mesin ketik manual dengan komputer pribadi. Perpindahan ini tentu saja disertai dengan timbulnya panas tambahan yang dibangkitkan oleh komputer pribadi yang menyala untuk jangka waktu yang lama, serta adanya suatu bentuk derau yang dibangkitkan olek komputer pribadi tersebut.
Isu mengenai bertambah panasnya udara menjadi sangat penting untuk diperhatikan, karena perubahan suhu udara yang sedikit saja akan mempengaruhi kinerja seseorang. Perasaan kantuk dalam suhu udara yang panas menjadi salah satu persoalan umum, selain semakin berkurangnya konsentrasi kerja.
Dengan memahami persoalan di atas, maka untuk mendapatkan kenyaman kerja adanya persoalan bertambah panasnya lingkungan kerja perlu mendapat perhatian. Salah satu cara yang mudah dilakukan adalh dengan menggunakan pengontrol suhu udara yang ditempatkan pada ruangan khususyang memang memerlukannya. Dengan penempatan yang benar, keberadaan pengontrol suhu udara akan menambah kenyamanan seseorang yang bekerja di depan terminal komputer serta tidak mempengaruhi daerah kerja lain.
Suhu dan kelembaban merupakan faktor yang sangat penting dalam kualitas udara. Tetapi ada faktor lain yang juga tidak kalah pentingnya, dan secara langsung dapat mempengaruhi tingkat kesehatan seseorang. Secara khusus, tipe dan kualitas penyaring udara yang dipasang dapat mempengaruhi unjuk kerja manusia dan komputer.
Sejumlah persoalan mengenai suhu dan kualitas udara dapat di atasi dari sumbernya. Banyaknya panas yang disebarkan oleh suatu peralatan merupakan salah satu parameter yang harus dipertimbangkan sebelum pemasangan pengontrol udara dilakukan. Letak pengontrol udara harus diatur sedemikian rupa sehingga arah aliran udara yang dihasilkan justru tidak mengenai langsung pengguna, yang berarti malah akan menggangu konsentrasi pengguna.

Oleh:
NGADIMIN
06211037

1 komentar:

  1. tulisan menarik, tapi lebih menarik kalau ada gambar arah mata yg mempengaruhi keadaan atau posisi

    BalasHapus