Jumat, 05 Juni 2009

Ragam Dialog - Manipulasi Langsung

Dialog adalah struktur dari percakapan antara pengguna dengan sistem komputer dalam konteks perancangan antarmuka pengguna.

Ragam dialog adalah kemampuan untuk memahami berbagai sistem interaktif yang digunakan selama ini.

Manipulasi Langsung adalah salah satu dari ragam dialog interaktif.

MANIPULASI LANGSUNG

Kelebihan Manipulasi Langsung:
  • Kompatibilitas kendali dan tampilan.
  • Lebih sedikit sintaks, karena itu tingkat kesalahan berkurang.
  • Lebih banyak pencegahan kesalahan.
  • Lebih cepat dipelajari dan lebih mudah diingat.
  • Mendorong penjelajahan.

Kekurangan Manipulasi Langsung:

  • Memakan lebih banyak sumber daya sistem.
  • Beberapa aksi menyusahkan.
  • Teknik makro sering lemah.
  • Sulit dicatat dan ditelusuri.
  • Sulit digunakan oleh pemakai yang pengelihatannya terganggu

Contoh-contoh Sistem Manipulasi Langsung :

  • Command-line vs display editor vs word processors
  • Spreadsheet
  • Spatial data management
  • Video games
  • Computer-aided design (CAD)
  • Office automation

Masalah-masalah dengan manipulasi langsung:

  • Representasi visual atau visual dapat terlalu menyebar.
  • Pemakai harus mempelajari arti komponen-komponen representasi visual.
  • Representasi visual dapat menyesatkan.
  • Mengetik perintah di keyboard bisa lebih cepat.

Sifat-sifat sistem manipulasi langsung yang menguntungkan:

  • Pemula dapat belajar dengan cepat.
  • Ahli dapat bekerja dengan cepat.
  • Pemakai intermittent dapat mempertahankan konsep operasional.
  • Pesan kesalahan jarang dibutuhkan.
  • Pemakai langsung melihat jika aksi malah memperjauh tujuan mereka.
  • Lebih sedikit ketegangan.
  • Pemakai lebih percaya diri dan menguasai sistem.

Manipulasi Langsung Remote

Piranti dapat dioperasikan dari jarak jauh jika antarmuka pemakai yang memadai dapat dibangun. Contoh: telemedicine, yaitu perawatan medis melalui saluran komunikasi. Arsitektur lingkungan manipulasi angsung remote mempunyai beberapa faktor komplikasi:

  • Penundaan waktu.
  • Umpan balik yang tidak lengkap.
  • Umpan balik dari berbagai sumber.
  • Interferensi yang tidak diantisipasi.

Command-line vs Display Editor vs Word Processors

Pada 1980-an, mengedit teks dilakukan dengan bahasa perintah berorientasi baris.
Dengan display editor kinerja meningkat dan waktu belajar berkurang.
Awal 1990-an, word processor yang bersifat WYSIWYG diperkenalkan.
Beberapa kelebihan WYSIWYG word processor:
Menampilkan sehalaman penuh teks.
Menampilkan dokumen dalam bentuk sebagaimana akan terlihat pada bentuk cetakan.
Menampilkan aksi kursor yang terlihat.
Mengendalikan kursor dengan cara yang jelas secara fisik dan alami intuitif.
Menggunakan ikon berlabel.
Menampilkan hasil aksi segera.
Memberikan respons dan tampilan yang cepat.
Memungkinkan aksi dibatalkan.
Teknologi yang Diturunkan dari Pengolah Kata
Integrasi grafik, spreadsheet, animasi, foto, dll. dalam badan dokumen (Windows: OLE).
Desktop publishing software, mis.: Adobe PageMaker, Corel Ventura.
Slide-presentation software, mis.: Microsoft PowerPoint.
Hypermedia environments, mis.: WWW, HyperCard.
Fasilitas makro yang diperbaiki, misalnya pada Microsoft Office.
Spelling checkers dan thesaurus, misalnya pada Microsoft Office.
Grammar checkers, misalnya pada Microsoft Office.
Document assemblers, misalnya Microsoft Office wizards.

Spreadsheet
Lembar kerja yang menampilkan data yang dapat dimanipulasi dalam bentuk kolom dan baris.
Mendukung formula, makro, grafik.
Contoh: VISICALC, Microsoft Excel, Lotus 1-2-3, Lotus Improv.

Spatial Data Management
Representasi spasial dalam bentuk peta.
Digunakan dalam sistem informasi geografis (GIS).
Contoh: ArcView GIS dari ESRI, Inc.

Gambar




Penjelasan tentang Manipulasi Langsung
Masalah-masalah dengan manipulasi langsung:
  • Representasi visual atau visual dapat terlalu menyebar.
  • Pemakai harus mempelajari arti komponen-komponen representasi visual.
  • Representasi visual dapat menyesatkan.
  • Mengetik perintah di keyboard bisa lebih cepat.

Sifat-sifat sistem manipulasi langsung yang menguntungkan:

  • Pemula dapat belajar dengan cepat.
  • Ahli dapat bekerja dengan cepat.
  • Pemakai intermittent dapat mempertahankan konsep operasional.
  • Pesan kesalahan jarang dibutuhkan.
  • Pemakai langsung melihat jika aksi malah memperjauh tujuan mereka.
  • Lebih sedikit ketegangan.
  • Pemakai lebih percaya diri dan menguasai sistem.

Pemikiran Visual dan Ikon

Konsep bahasa visual dan pemikiran visual diajukan oleh Rudolf Arnheim (1972).
Arah baru pemikiran visual: WIMP (Windows, Icons, Mouse, Pull-down Menu).
Ikon adalah gambar atau simbol yang mewakili suatu konsep.
Pedoman perancangan ikon:
Representasikan objek atau aksi dengan cara yang dikenal.
Batasi jumlah ikon yang tampil.
Buat agar ikon jelas terlihat dari latar belakangnya.
Pertimbangkan ikon tiga dimensi: menarik tapi bisa mengalihkan perhatian.
Pastikan ikon yang terpilih jelas ketika dikelilingi yang tidak terpilih.
Pastikan ikon dapat dibedakan dari yang lain.
Pastikan keselarasan setiap ikon sebagai anggota kelompok ikon.
Rancang animasi pergerakan ikon.
Tambahkan informasi rinci.
Pikirkan penggunaan kombinasi ikon untuk menciptakan objek atau aksi baru.

Manipulasi Langsung Remote

Piranti dapat dioperasikan dari jarak jauh jika antarmuka pemakai yang memadai dapat dibangun.
Contoh: telemedicine, yaitu perawatan medis melalui saluran komunikasi.

Arsitektur lingkungan manipulasi angsung remote mempunyai beberapa faktor komplikasi:
Penundaan waktu.
Penundaan transmisi.
Penundaan operasi.
Umpan balik yang tidak lengkap.
Umpan balik dari berbagai sumber.
Interferensi yang tidak diantisipasi.

Gambar



Lingkungan Maya

Virtual reality (kenyataan maya) adalah lingkungan buatan yang diciptakan dengan hardware dan software dan dipresentasikan kepada pemakai dengan cara sedemikian sehingga lingkungan tersebut tampil dan terasa seperti lingkungan asli.
Augmented reality: dunia nyata dengan lapisan tambahan informasi.
Situational awareness: informasi tentang dunia nyata di sekitar pemakai dengan mendeteksi pergerakan dan lokasi.
Lingkungan maya yang berhasil tergantung dari integrasi berbagai teknologi:
Visual display (biasanya ditempatkan di kepala sebagai head mounted display).
Head-position sensing.
Hand-position sensing.
Force feedback.
Sound input and output.
Sensasi lainnya (getaran, suhu, bau).
Cooperative and competitive VR.



Post oleh : NGADIMIN - 06211037

Tidak ada komentar:

Posting Komentar