Jumat, 05 Juni 2009

Ragam Dialog - Manipulasi Langsung

Dialog adalah struktur dari percakapan antara pengguna dengan sistem komputer dalam konteks perancangan antarmuka pengguna.

Ragam dialog adalah kemampuan untuk memahami berbagai sistem interaktif yang digunakan selama ini.

Manipulasi Langsung adalah salah satu dari ragam dialog interaktif.

MANIPULASI LANGSUNG

Kelebihan Manipulasi Langsung:
  • Kompatibilitas kendali dan tampilan.
  • Lebih sedikit sintaks, karena itu tingkat kesalahan berkurang.
  • Lebih banyak pencegahan kesalahan.
  • Lebih cepat dipelajari dan lebih mudah diingat.
  • Mendorong penjelajahan.

Kekurangan Manipulasi Langsung:

  • Memakan lebih banyak sumber daya sistem.
  • Beberapa aksi menyusahkan.
  • Teknik makro sering lemah.
  • Sulit dicatat dan ditelusuri.
  • Sulit digunakan oleh pemakai yang pengelihatannya terganggu

Contoh-contoh Sistem Manipulasi Langsung :

  • Command-line vs display editor vs word processors
  • Spreadsheet
  • Spatial data management
  • Video games
  • Computer-aided design (CAD)
  • Office automation

Masalah-masalah dengan manipulasi langsung:

  • Representasi visual atau visual dapat terlalu menyebar.
  • Pemakai harus mempelajari arti komponen-komponen representasi visual.
  • Representasi visual dapat menyesatkan.
  • Mengetik perintah di keyboard bisa lebih cepat.

Sifat-sifat sistem manipulasi langsung yang menguntungkan:

  • Pemula dapat belajar dengan cepat.
  • Ahli dapat bekerja dengan cepat.
  • Pemakai intermittent dapat mempertahankan konsep operasional.
  • Pesan kesalahan jarang dibutuhkan.
  • Pemakai langsung melihat jika aksi malah memperjauh tujuan mereka.
  • Lebih sedikit ketegangan.
  • Pemakai lebih percaya diri dan menguasai sistem.

Manipulasi Langsung Remote

Piranti dapat dioperasikan dari jarak jauh jika antarmuka pemakai yang memadai dapat dibangun. Contoh: telemedicine, yaitu perawatan medis melalui saluran komunikasi. Arsitektur lingkungan manipulasi angsung remote mempunyai beberapa faktor komplikasi:

  • Penundaan waktu.
  • Umpan balik yang tidak lengkap.
  • Umpan balik dari berbagai sumber.
  • Interferensi yang tidak diantisipasi.

Command-line vs Display Editor vs Word Processors

Pada 1980-an, mengedit teks dilakukan dengan bahasa perintah berorientasi baris.
Dengan display editor kinerja meningkat dan waktu belajar berkurang.
Awal 1990-an, word processor yang bersifat WYSIWYG diperkenalkan.
Beberapa kelebihan WYSIWYG word processor:
Menampilkan sehalaman penuh teks.
Menampilkan dokumen dalam bentuk sebagaimana akan terlihat pada bentuk cetakan.
Menampilkan aksi kursor yang terlihat.
Mengendalikan kursor dengan cara yang jelas secara fisik dan alami intuitif.
Menggunakan ikon berlabel.
Menampilkan hasil aksi segera.
Memberikan respons dan tampilan yang cepat.
Memungkinkan aksi dibatalkan.
Teknologi yang Diturunkan dari Pengolah Kata
Integrasi grafik, spreadsheet, animasi, foto, dll. dalam badan dokumen (Windows: OLE).
Desktop publishing software, mis.: Adobe PageMaker, Corel Ventura.
Slide-presentation software, mis.: Microsoft PowerPoint.
Hypermedia environments, mis.: WWW, HyperCard.
Fasilitas makro yang diperbaiki, misalnya pada Microsoft Office.
Spelling checkers dan thesaurus, misalnya pada Microsoft Office.
Grammar checkers, misalnya pada Microsoft Office.
Document assemblers, misalnya Microsoft Office wizards.

Spreadsheet
Lembar kerja yang menampilkan data yang dapat dimanipulasi dalam bentuk kolom dan baris.
Mendukung formula, makro, grafik.
Contoh: VISICALC, Microsoft Excel, Lotus 1-2-3, Lotus Improv.

Spatial Data Management
Representasi spasial dalam bentuk peta.
Digunakan dalam sistem informasi geografis (GIS).
Contoh: ArcView GIS dari ESRI, Inc.

Gambar




Penjelasan tentang Manipulasi Langsung
Masalah-masalah dengan manipulasi langsung:
  • Representasi visual atau visual dapat terlalu menyebar.
  • Pemakai harus mempelajari arti komponen-komponen representasi visual.
  • Representasi visual dapat menyesatkan.
  • Mengetik perintah di keyboard bisa lebih cepat.

Sifat-sifat sistem manipulasi langsung yang menguntungkan:

  • Pemula dapat belajar dengan cepat.
  • Ahli dapat bekerja dengan cepat.
  • Pemakai intermittent dapat mempertahankan konsep operasional.
  • Pesan kesalahan jarang dibutuhkan.
  • Pemakai langsung melihat jika aksi malah memperjauh tujuan mereka.
  • Lebih sedikit ketegangan.
  • Pemakai lebih percaya diri dan menguasai sistem.

Pemikiran Visual dan Ikon

Konsep bahasa visual dan pemikiran visual diajukan oleh Rudolf Arnheim (1972).
Arah baru pemikiran visual: WIMP (Windows, Icons, Mouse, Pull-down Menu).
Ikon adalah gambar atau simbol yang mewakili suatu konsep.
Pedoman perancangan ikon:
Representasikan objek atau aksi dengan cara yang dikenal.
Batasi jumlah ikon yang tampil.
Buat agar ikon jelas terlihat dari latar belakangnya.
Pertimbangkan ikon tiga dimensi: menarik tapi bisa mengalihkan perhatian.
Pastikan ikon yang terpilih jelas ketika dikelilingi yang tidak terpilih.
Pastikan ikon dapat dibedakan dari yang lain.
Pastikan keselarasan setiap ikon sebagai anggota kelompok ikon.
Rancang animasi pergerakan ikon.
Tambahkan informasi rinci.
Pikirkan penggunaan kombinasi ikon untuk menciptakan objek atau aksi baru.

Manipulasi Langsung Remote

Piranti dapat dioperasikan dari jarak jauh jika antarmuka pemakai yang memadai dapat dibangun.
Contoh: telemedicine, yaitu perawatan medis melalui saluran komunikasi.

Arsitektur lingkungan manipulasi angsung remote mempunyai beberapa faktor komplikasi:
Penundaan waktu.
Penundaan transmisi.
Penundaan operasi.
Umpan balik yang tidak lengkap.
Umpan balik dari berbagai sumber.
Interferensi yang tidak diantisipasi.

Gambar



Lingkungan Maya

Virtual reality (kenyataan maya) adalah lingkungan buatan yang diciptakan dengan hardware dan software dan dipresentasikan kepada pemakai dengan cara sedemikian sehingga lingkungan tersebut tampil dan terasa seperti lingkungan asli.
Augmented reality: dunia nyata dengan lapisan tambahan informasi.
Situational awareness: informasi tentang dunia nyata di sekitar pemakai dengan mendeteksi pergerakan dan lokasi.
Lingkungan maya yang berhasil tergantung dari integrasi berbagai teknologi:
Visual display (biasanya ditempatkan di kepala sebagai head mounted display).
Head-position sensing.
Hand-position sensing.
Force feedback.
Sound input and output.
Sensasi lainnya (getaran, suhu, bau).
Cooperative and competitive VR.



Post oleh : NGADIMIN - 06211037

Selasa, 26 Mei 2009

Pengaruh – pengaruh terhadap stasiun kerja


Pengaruh – pengaruh terhadap stasiun kerja

1. Ada berapa factor yang harus diperhatikan?
2. Factor – factor yang paling berpengaruh terhadap kesehatan user(manusia)
3. Factor – factor yang paling berpengaruh terhadap kenyamanan (letak hardware) pendukung.

Jawaban :
  1. Faktor yang harus diperhatikan terhadap stasiun kerja, antara lain:
  • Menurut Sauter, berdasarkan analisis fotografik, melaporkan bahwa dua factor sangat mempengaruhi unjuk kerja operator stasiun kerja:sudut penglihatan (viewing angle) dan papan ketik. Sudut penglihattan berhubungan erat dengan beban pada leher, punggung dan bahu. Papan ketik, yang tidak bisa dipisahkan(nondetachable) berhubungan erat dengan tekanan pada lengan dan tangan. Rancangan stasiun kerja yang sesuai harus dapat menempatkan papan ketik dan tempat duduk pada ketinggian yang tepat. Kesimpulannya bahwa kondisi rancangan stasiun kerja yang baik dapat meningkatkan unjuk kerja operator.
2. Faktor yang menpengaruhi kesehatan manusia, antara lain:
  • Beban visual,berupa iritasi mata, pandangan yang mengabur dan kadang-kadang disertai munculnya rasa pening pada kepala.
  • Beban otot, berupa kelelahan otot, ketegangan otot, dan rasa sakit pada beberapa bagian persendian, seperti siku, jari tangan, leher.
  • Beban postur tubuh , berhubungan erat dengan berbagai otot yang digunakan tubuh untuk mempertahankan posisi tegak selama seseorang duduk di kursi, seperti otot punggung dan pinggang, lutut dan tumit.
  • Beban tekanan mental/emosi. Dapat muncul dalam bebtuk rasa cemas, rasa tertekan (depresi), reaksi-reaksu seperti bosan dan tidak puas.
3. Factor yang menpengaruhi terhahadap kenyamanan (letak hardware )pendukung antara lain (lihat gambar /terminologi stasiun kerja):
  • Jarak antara mata dan layar monitor (viewing distance) yang tepat.
  • Letak papan ketik (keyboard)
  • Tinggi layar (Scree Height)
  • Tinggi keyboard (Home row / Keyboard height)
  • Tinggi meja (Table height)
  • Pemegang dukomen (document holder)
  • Tumpuan siku
  • Tumpuan pergelangan tangan (wrist rest)
  • Seat back angle
  • Seat pan height


di post kan oleh Ngadimin - 06211037

Kamis, 14 Mei 2009

ERGONOMIK YANG BERHUBUNGAN DENGAN FAKTOR SUHU DAN UDARA

ERGONOMIK YANG BERHUBUNGAN DENGAN FAKTOR SUHU DAN UDARA

Saat ini pemakaian mesin ketik manual sudah semakin berkurang. Mesin ketik telah digantikan dengan adanya komputer pribadi yang menawarkan berbagai kelebihan dibanding dengan mesin ketik manual. Sehingga, terutama bagi mereka yang mampu, mereka dengan serta merta akan mengganti mesin ketik manual dengan komputer pribadi. Perpindahan ini tentu saja disertai dengan timbulnya panas tambahan yang dibangkitkan oleh komputer pribadi yang menyala untuk jangka waktu yang lama, serta adanya suatu bentuk derau yang dibangkitkan olek komputer pribadi tersebut.
Isu mengenai bertambah panasnya udara menjadi sangat penting untuk diperhatikan, karena perubahan suhu udara yang sedikit saja akan mempengaruhi kinerja seseorang. Perasaan kantuk dalam suhu udara yang panas menjadi salah satu persoalan umum, selain semakin berkurangnya konsentrasi kerja.
Dengan memahami persoalan di atas, maka untuk mendapatkan kenyaman kerja adanya persoalan bertambah panasnya lingkungan kerja perlu mendapat perhatian. Salah satu cara yang mudah dilakukan adalh dengan menggunakan pengontrol suhu udara yang ditempatkan pada ruangan khususyang memang memerlukannya. Dengan penempatan yang benar, keberadaan pengontrol suhu udara akan menambah kenyamanan seseorang yang bekerja di depan terminal komputer serta tidak mempengaruhi daerah kerja lain.
Suhu dan kelembaban merupakan faktor yang sangat penting dalam kualitas udara. Tetapi ada faktor lain yang juga tidak kalah pentingnya, dan secara langsung dapat mempengaruhi tingkat kesehatan seseorang. Secara khusus, tipe dan kualitas penyaring udara yang dipasang dapat mempengaruhi unjuk kerja manusia dan komputer.
Sejumlah persoalan mengenai suhu dan kualitas udara dapat di atasi dari sumbernya. Banyaknya panas yang disebarkan oleh suatu peralatan merupakan salah satu parameter yang harus dipertimbangkan sebelum pemasangan pengontrol udara dilakukan. Letak pengontrol udara harus diatur sedemikian rupa sehingga arah aliran udara yang dihasilkan justru tidak mengenai langsung pengguna, yang berarti malah akan menggangu konsentrasi pengguna.

Oleh:
NGADIMIN
06211037

Selasa, 28 April 2009

Bahasan Soal UTS

1. Tanya:
Apa yang saudara ketahui tentang komunikasi antara manusia dan komputer, dan apa saja macam-macam Interaksi yang dapat berlangsung. Jelaskan!

Jawab:
Komunikasi antara manusia dan computer adalah masukan(input), proses(process), keluaran(output). Komputer kita berikan data masukan, yang biasanya berupa angka maupun deretan karakter, yang kemudian akan diolah(diproses) oleh komputer menjadi keluaran yang diinginkan atau diharapakan pengguna.
Interaksi dapat berlangsung lewat masukan dan keluaran lah pengguna dan komputer saling berinteraksi dan diperlukan suatu media yang memungkinkan interaksi itu berlangsung.
Contoh sederhana dari interaksi ini adalah ketika pengguna menerapakan statement readln untuk memasukan data yang diminta oleh komputer dan statement writeln yang digunakan untuk mencetak hasil proses yang telah dikerjakan oleh komputer.


2. Tanya :
Ada lima faktor manusia yang terukur (measurable human factors) untuk dapat memahami rancangan suatu system atau aplikasi antar muka dengan baik dan benar, sebut dan jelaskan!

Jawab:
- Waktu belajar: berapa lama orang biasa mempelajari cara relevan untuk melakukan suatu tugas?
- Kecepatan kinerja: berapa lama suatu tugas dilakukan?
- Tingkat kesalahan: berapa banyak kesalahan dan kesalahan-kesalahan apa saja yang dibuat pemakai?
- Daya ingat: bagaimana kemampuan pemakai mempertahankan pengetahuannya setelah jangka waktu tertentu?
- Kepuasan subjektif: bagaimana kesukaan pemakai terhadap berbagai aspek sistem?

3. Tanya :
Jelaskan bidang ilmu apa saja yang perlu dipahami agar tercipta suatu Interaksi yang baik antara manusia dan komputer!

Jawab :
- Teknik Elektronika = Ilmu yang berhubungan dengan Sistem perankat keras
- Psikologi = Ilmu yang berhubungan dengan user sebagai pemakai harus ditinjau dari segi umur pemakai, tingkat emosional, dan persepsi, olahan kognitif serta ketrampilam motoriknya
- Grafis = Ilmu yang digunakan pada penerapan gambar sebagai seribu makna yang memudahkan manusia berdialog dengan komputer melalui gambar
- Ergonomik = ilmu yang mempelajari tentang kenyamanan saat melakukan kerja apalagi jika sedang berdialog/ interaksi yang memakan waktu lama, mulai dari tools, lingkungan, posisi, pengaruh-pengaruhnya
- Antropologi = ilmu yang memegang peran tentang bagaimana berinteraksi dan kerja secara berkelompok baik dalam olah data atau pemakaian sistemnya
- Linguistik = tentang bahasa sebagai sarana interaksi
- Sosiologi = keaadaan sosial manusia sebagai pengguna atau komputer sebagai pengganti kerja dari manusia


4. Tanya:
Unsur apa saja yang terkandung pada panca indera manusia yang sering digunakan untuk berinteraksi dengan komputer, jelaskan!

Jawab:
1. Penglihatan atau mata, digunakan untuk mengenali suatu benda, membedakan warna, kecerahan, membedakan sudut-sudut /medan penglihatan membedakan bentuk-bentuk suatu objek, kepadatan suatu objek dan tekstur suatu objek.
2. Pendengaran, untuk mendeteksi suara dalam kisaran frekuesi 20 Hertz sampai 20 KHertz, membedakan kebisingan.
3. Sentuhan, sarana interaksi yang lebih penting pada orang buta selain suara(jika ia tidak tuli)


Nama : Ngadimin
NIM : 06211037

Rabu, 22 April 2009

MEMILIH PERANGKAT DEMI KENYAMANAN PENGGUNAAN KOMPUTER

Setiap pengguna komputer sudah pasti menginginkan kenyamanan dalam menggunakan komputernya, apalagi mereka yang setiap harinya harus duduk didepan komputer sampai ber jam-jam lamanya, jelas kenyamanan mutlak diperlukan untuk me-minimalisir gangguan pada tubuh, dan juga akan meningkatkan performa kerja.
Masalah penyakit akibat kerja yang disebabkan karena pemakaian komputer perlu pula diperhatikan dengan seksama agar pemanfaatan komputer benar-benar dapat meningkatkan produktivitas kerja. Adapun sumber yang dapat menimbulkan penyakit akibat kerja karena pemakaian komputer adalah peralatan berikut ini:
• Keyboard
• Monitor
• Meja dan kursi komputer

Penjelasan lebih lanjut tentang ketiga peralatan tersebut sebagai sumber timbulnya penyakit akibat kerja adalah sebagai berikut:

1. MEJA DAN KURSI, meja komputer yang baik adalah meja yang ukurannya cukup lega tapi tidak terlalu besar dan bentuknya “fungsional”, artinya segala perangkat tambahan yang diperlukan seperti scanner, printer, modem, Bantalan mouse (Mouse pad), monitor, keyboard dan lain-lainnya dapat ditampung semuanya diatas meja dan mudah dijangkau oleh tangan dan dengan gerakan tubuh seminim mungkin. Bila perlu buku-buku, catatan penting dan hasil print-out (pencetakkan) dapat diletakan pada meja agar pengguna komputer tidak perlu beranjak dari kursi untuk mencari buku, catatan atau hardcopy (cetakan) dokumen yang diperlukannya. Meja dan kursi komputer adalah alat penunjang kerja yang sangat berpengaruh terhadap kenyamanan kerja operator komputer. Kelelahan kerja akan cepat timbul bila meja dan kursi tidak memenuhi persyaratan kerja yang baik (tidak ergonomis). Meja komputer yang baik adalah meja yang dilengkapi dengan alat sandaran kaki (foot rest) dan bawah meja memberikan ruang gerak bebas bagi kaki. Tinggi meja komputer yang baik adalah sekitar 55 - 75 cm (disesuaikan dengan ukuran kursinya dan juga disesuaikan dengan tinggi operatornya).
Meja komputer yang digunakan sebaiknya “bertingkat” untuk memudahkan pengguna komputer.karenanya, saat memilih meja komputer, pertimbangkan juga dengan seksama bilik, sekat dan tahapan yang ada pada meja komputer, sesuaikan dengan kebutuhan (ukuran Monitor, CPU, Printer, Scanner, dll) dan kemampuan tangan untuk mencapai semua bagian meja.Berlainan dengan konsep meja komputer yang tersedia di pasaran, biasanya casing diletakkan di bagian bawah, maka saya sangat tidak menyarankan hal ini karena sebagaimana telah dibahas dalam posting-an terdahulu, perletakkan casing dibagian bawah akan “memudahkan” masuknya debu kedalam casing, terlebih-lebih apabila posisi meja berhadapan frontal dan menempel pada dinding akan menyebabkan sirkulasi udara dalam casing menjadi tidak lancar dan akan menyebabkan terjadinya panas berlebihan pada komponen perangkat keras komputer yang dampak negatifnya juga telah dibahas pada posting-an terdahulu, karenanya saya menyarankan agar casing diletakkan diatas meja saja.Selanjutnya pertimbangan pada kekuatan meja yang akan digunakan, mengingat meja ini akan menahan bobot komputer yang cukup berat, jangan memilih meja dengan bahan yang “getas” (mudah patah) atau mudah lapuk karena tidak tahan cuaca dan kelembaban, atau mudah melengkung karena tidak kuat menahan beban diatasnya. perhatikan pula disain dan struktur meja, dianjurkan untuk memilih yang memiliki sudut tumpul demi keamanan pengguna komputer dan orang-orang disekitar.Maka idealnya sih … lebih baik kita membuat sendiri meja komputer, karena sampai saat ini saya belum pernah menjumpai meja komputer yang dijual di pasaran yang memenuhi segala kriteria sebagaimana tertulis diatas. Membuat sendiri memang tidak praktis, namun biayanya akan lebih murah, dan bahan yang digunakan pun akan terjamin kekuatannya.Untuk Kursi, gunakan kursi yang sandarannya cukup tinggi, sehingga pada saat kita bersandar penuh untuk melepas lelah sejenak, kepala atau leher kita tersangga dengan baik oleh sandaran kursi. jangan memilih kursi yang sandaran-nya terlalu miring, pilihlah kursi dengan sandaran yang cukup tegak agar kita dapat bekerja sambil bersandar dalam posisi tubuh yang tegak.Kursi yang baik adalah kursi yang dapat mengikuti lekuk punggung dan sandarannya (back rest) serta tingginya dapat diatur. Tinggi kursi ideal harus memungkinkan kaki kita tidak menggantung pada saat duduk. Kaki yang menggantung akan cepat menimbulkan kelelahan. Selain dari pada itu, kursi komputer yang baik adalah kursi yang dilengkapi dengan 5 kaki dan diberi roda, sehingga tidak mudah jatuh dan mudah digerakkan ke segala arah. Hal ini penting agar operator dapat leluasa menggeliat / meregangkan tubuh dalam rangka mengurangi kelelahan.Selain dari pada itu, kelelahan akan sangat berkurang bila meja dan kursi dapat diatur sedernikian rupa sehingga pada saat bekerja sudut antara tangan dan lengan membentuk sudut tumpul (lebih dari 90 derajat) sedangkan kaki dapat bersandar pada sandaran kaki serta kaki dapat leluasa bergerak di bawah meja.

2. KEYBOARD, Tentunya kita semua sudah tahu bahwa keyboard adalah alat untuk memberikan perintah kepada komputer dengan pengetikkan melalui aksara dan angka yang akan ditampilkan oleh layar monitor, dimana sebelumnya perintah tersebut diolah secara elektronis oleh Central Processing Unit (CPU). atau dengan lain perkataan fungsi keyboard adalah sebagai media penghubung terjadinya komunikasi antara manusia dan komputer.
Bentuk keyboard secara umum sama dengan tombol pada mesin ketik, perbedaannya adalah jumlah tombol keyboard untuk aksara, angka dan perintah lainnya lebih banyak dari pada yang terdapat pada mesin ketik.tapi sekaligus juga merupakan salah satu sumber penyakit akibat menggunakan komputer. Salah satu indikator yang nyata namun sering tidak diperhatikan pengguna komputer yaitu rasa nyeri pada otot.Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap suatu perusahaan yang banyak menggunakan komputer yaitu perusahaan asuransi diperoleh data keluhan nyeri otot akibat pemakaian komputer sebagai berikut:
• 25 % karyawan mengeluh nyeri pada bahu
• 19 % karyawan menderita nyeri pergelangan tangan
• 15 % karyawan mengalarni nyeri pada leher secara berkala
• 14 % karyawan mengeluh nyeri punggung
Hasil lain diperoleh pada biro pariwisata yang banyak menggunakan komputer, memberikan data keluhan nyeri otot sebagai berikut:
• 54 % karyawan mengeluh nyeri pada bahu
• 32 % karyawan merasakan nyeri pada pinggang bagian bawah
• 24 % karyawan mengalami nyeri tungkai
• 18 % karyawan menderita nyeri leher
• 6 % karyawan mengatakan nyeri kepala, lengan dan pergelangan tangan.
* Data diatas dikutip dari sumber http://www.elektroindonesia.com

keyboard buatan terkini pada beberapa merk tertentu sudah dilengkapi pula dengan wrist rest. Pilihlah keyboard yang pada saat mengetik tidak mengeluarkan yang berisik, sebab suara berisik yang menerus dalam interval waktu yang cukup panjang akan mengganggu konsentrasi.

3. MONITOR
Bekerja dengan komputer ternyata dapat mengalami penyakit akibat kerja yang berasal dari layar monitor. Mata adalah organ tubuh yang paling mudah mengalami penyakit akibat kerja, karena terlalu sering memfokuskan bola mata ke layar monitor. Tampilan layar monitor yang terlalu terang dengan warna yang panas seperti warna merah, kuning, ungu, oranye akan lebih mempercepat kelelahan pada mata. Selain dari itu, pantulan cahaya (silau) pada layar monitor yang berasal dari sumber lain seperti jendela, lampu penerangan dan lain sebagainya, akan menambah beban mata. Pencahayaan ruangan kerja juga berpengaruh pada beban mata. Pemakaian layar monitor yang tidak ergonomis dapat menyebabkan keluhan pada mata. Berdasarkan hasil penelitian, 77 % para pemakai layar monitor akan mengalami keluhan pada mata, mulai dari rasa pegal dan nyeri pada mata, mata merah, mata berair, sampai pada iritasi mata bahkan kemungkinan katarak mata. Bila operator komputer menggunakan soft lens (lensa mata), kelelahan mata akan lebih cepat terasa, karena mata yang dalam keadaan memfokuskan ke layar monitor akan jarang berkedip sehingga bola mata cepat menjadi kering dan ini menyebabkan timbulnya gesekan antara lensa dan kelopak mata. Ruang berpendingin (AC) akan lebih memperparah gesekan tersebut, karena udara ruangan ber AC akan kering sehingga air mata akan ikut menguap.
Menggunakan monitor screen filter akan membantu untuk mengurangi kelelahan pada mata, namun perlu diingat, screen filter hanya dapat memfilter “glare” (kesilauan) saja. Screen filter tidak dapat memfilter radiasi dari layar monitor.Menurut hemat saya sudah saatnya kita beralih kepada monitor LCD, saat ini monitor LCD harganya sudah sangat terjangkau, hanya dengan duit 1,5 juta anda sudah bisa memiliki sebuah monitor LCD berukuran 17 inci. Menggunakan monitor memberikan manfaat yang nyata pada kita selaku pengguna komputer, radiasi pada mata sangat kecil sehingga mata tidak mudah lelah apabila kita bekerja di depan komputer untuk jangka waktu yang cukup lama, daya listrik yang dikonsumsi oleh monitor LCD labih kecil dibandingkan dengan monitor CRT (monitor tabung/ monitor konvensional).
Untuk mengurangi keluhan pada mata, saran berikut ini akan sangat berrnanfaat bagi operator komputer dan juga para manajer dalam menata ruang kerja yang nyaman, yaitu:
• Letakkan layar monitor sedemikian rupa sehingga tidak ada pantulan cahaya dari sumber cahaya lain seperti lampu ruang kerja dan jendela yang dapat menyebabkan kesilauan pada mata.
• Agar mata dapat membaca dengan nyaman, letakkan layar komputer lebih rendah dari garis horizontal mata dengan membentuk sudut ± 30 derajat. Keadaan ini dapat dicapai bila pusat layar monitor terletak sekitar 25 cm dari garis horizontal mata sehingga mata akan mengarah ke bawah (ke layar monitor). Jarak layar monitor dengan mata sekitar 40 cm. Posisi demikian akan sangat mengurangi kelelahan pada mata
• Buatlah cahaya latar layar komputer dengan warna yang “dingin”, misalnya putih keabu-abuan dengan warna huruf yang kontras. Hindari penggunaan font huruf yang terlalu kecil (kecuali terpaksa). Font huruf yang termasuk norrnal adalah font 12, lebih kecil dari ini mengakibatkan mata akan cepat lelah membacanya. Resolusi layar monitor sudah barang tentu sangat berpengaruh terhadap ketajaman huruf maupun gambar. Layar monitor SVGA akan jauh lebih baik dari pada layar monitor VGA apalagi dengan yang monokrom.
• Agar mata tidak kering, sering-seringlah berkedip dan sesekali pindahkan arah pandangan mata ke luar ruangan. Bila perlu usaplah kelopak mata secara lembut (memijit ringan bola mata).4. Mouse pad, meski terlihat sepele, mouse pad juga memegang andil untuk memberi kenyamanan pada pengguna komputer. Selain menggunakan mouse pad yang tidak terlampau besar maupun terlalu kecil, mouse pad yang dilengkapi dengan wrist rest (tempat bertumpu pergelangan tangan) bisa digunakan untuk memberi kenyamanan pada bagian pergelangan tangan.Jangan lupa untuk mempertimbangkan jenis bahan pada permukaan mouse pad,ini berhubungan dengan gerakan pointer pada mouse, apakan mouse pointer dapat digerakkan dengan mudah pada mousepad tersebut.5. Document Stand Holder, jika memungkinkan belilah perangkat ini untuk “memegang” dokumen yang sedang kita ketik, sehingga kepala kita tidak harus selalu dan berulang-ulang berpaling ketempat lain. adanya perangkat tambahan ini, yang sekilas nampaknya tidak terlalu penting akan sangat mengurangi kelelahan pada bagian leher. Walaupun sudah banyak manfaat yang dapat diperoleh dari pemakaian komputer, namun belum banyak yang menyadari bahwa pemakaian komputer juga dapat menimbulkan masalah tersendiri. Masalah yang dimaksudkan adalah penyakit-penyakit akibat kerja yang disebabkan oleh pemakaian komputer, terutama bila bekerja dengan komputer dalam waktu yang lama secara terus menerus. Tulisan ini dimaksudkan sebagai bahan masukan yang perlu diperhatikan oleh para operator komputer maupun para manajer, agar produktivitas kerja para operator komputer tetap tinggi, tanpa ada kehilangan jam kerja karena sakit yang ditimbulkan oleh penyakit akibat kerja yang disebabkan oleh pemakaian komputer. Dengan kata lain, pemakaian komputer hendaknya dapat menciptakan beban kerja menjadi ringan dan suasana kerja menjadi nyaman, sehingga semua orang betah bekerja dengan komputer.Demikian sedikit tips sederhana yang mungkin semua pengguna komputer telah mengetahuinya namun terabaikan.

Tips Merawat Keyboard

Keyboard merupakan salah satu komponen yang melengkapi komputer. Bagi Anda yang sering menghabiskan waktu di depan komputer, menggunakan keyboard yang benar-benar nyaman dipakai adalah hal yang penting diperhatikan agar jari-jari dan pergelangan tangan Anda tidak sakit dan tegang.
Bagaimana memilih keyboard yang baik dan nyaman dipakai? Berikut beberapa tips yang bisa dijadikan pertimbangan.
1. Pilih keyboard yang ergonomis.
Bagi yang sering berinteraksi dengan komputer, disarankan untuk memilih keyboard yang ekonomis. Seperti dilansir monstersandcritics.com, Stefan Willecke dari majalah PC-Welt mengungkapkan, keyboard yang ergonomis akan membantu mengurangi ketegangan pada pergelangan tangan Anda. Perhatikan juga kenyamanan dan kemudahan menekan tombol keyboardnya.
Keyboard ergonomis biasanya berbentuk datar dan umumnya dibagi dalam dua segmen. Terkadang juga terdapat track ball yang bisa digunakan sebagai mouse. Semua fasilitas ini dihadirkan guna menghindari pengguna meletakkan tangannya dalam posisi yang salah, yang akan berakibat pada sakit yang berkepanjangan.
2. Warna keyboard juga berpengaruh pada penglihatan.
Ergonomis tidak hanya terbatas pada bentuk dan disain saja. Warna juga menjadi salah satu unsur penting ergonomis. Hindari warna yang kontras, karena warna-warna seperti itu tidak termasuk dalam kategori ergonomis. Pilih warna keyboard yang tidak ’sakit’ dipandang mata. Umumnya hitam dan perak menjadi warna pilihan banyak konsumen.
3. Pertimbangkan fungsi ekstra yang disertakan pada keyboard.
Fungsi-fungsi ekstra tersebut akan mempermudah kerja Anda selagi bergulat dengan komputer. Beberapa keyboard yang mahal bahkan ada yang dilengkapi tombol untuk memunculkan program kalkulator saku Windows. Ada juga keyboard yang memungkinkan pengguna memberi fungsi pada tombol tambahan. Artinya, seluruh aktifitas yang sudah dilakukan bisa dipanggil kembali hanya dengan menekan sebuah tombol di keyboard.
4. Bagi pengguna yang menginginkan keamanan pada komputernya, bisa dimulai dari keyboard. Pasalnya, saat ini sudah tersedia keyboard yang bisa mendeteksi sidik jari. Sidik jari inilah yang menentukan apakah seseorang bisa menggunakan keyboard tersebut atau tidak.
5. Pilihlah keyboard dengan port USB.
Fasilitas ini akan memudahkan Anda yang senang bergelut dengan pemutar MP3 atau kamera digital.
6. Sesuaikan harga keyboard dengan kantong Anda.
Soal harga? Pastinya ada banyak variasi harga keyboard mulai dari US$ 10 untuk keyboard biasa hingga US$ 300 untuk keyboard yang dilengkapi dengan 3 port USB. Sementara itu keyboard ergonomis tersedia dengan harga sekitar US$ 40. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kapasitas kantong Anda sesaat akan membeli keyboard.
7. Rawat keyboard dengan cara rajin membersihkannya.
Barang mahal sekalipun, jika tidak dirawat lama kelamaan akan rusak. Gunakan kuas untuk membersihkan sela-sela tombol keyboard. Dan tentu saja, jangan makan atau minum di dekatnya karena bisa saja tanpa sengaja Anda menumpahkan makanan atau minuman pada keyboard.

06211023 ~ NANU SULIARTO

Pengenalan awal teknologi pengolah data

Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejah dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik.
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kasir supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang
menghubungkan berbagai tempat di dunia. Bagaimanapun juga alat pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar, yaitu:
1. Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia
2. Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual
3. Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan secara otomatis oleh motor elektronik
4. Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh

06211023 ~ NANU SULIARTO

Mengoperasikan Sistem Komputer

Bagaimanakah cara kerja sistem komputer? Secara singkat suatu unit komputer dapat bekerja dan menghasilkan output sesuai dengan yang diinginkan pengguna (user) melalui tahap-tahap seperti berikut.

1. Data (dapat berupa huruf, angka, gambar, atau desain grafis) dimasukkan ke dalam CPU (Central Processing Unit) oleh pengguna komputer melalui komponen input keyboard, scanner, atau mouse.

2. Di dalam CPU, terjadi proses komunikasi data yaitu data yang disampaikan

ke program aplikasi segera diteruskan ke program sistem operasi. Oleh program sistem operasi, data ini diubah menjadi bahasa mesin yang bisa dimengerti oleh peralatan elektronik yang terdapat di dalam komputer.

3. Data-data tersebut kemudian oleh sistem operasi disampaikan pada software aplikasi dan ditampilkan di layar monitor.

4. Apabila tampilan di layar monitor dinilai sudah sesuai dengan keinginan pengguna komputer, si pengguna akan memberikan instruksi komputer untuk menyimpan hasil kerjanya dalam media penyimpan (disket, flashdisk, atau hardisk) atau bisa juga memberi instriksi komputer untuk mencetaknya melalui sebuah printer.

Prosedur Mengaktifkan Sistem Komputer

Untuk dapat mengoperasikan komputer, terlebih dahulu harus tersedia perangkat dasar yang terdiri atas:

a. Hardware (perangkat keras)

b. Software (perangkat lunak)

c. Brainware (pengguna: operator, administrator, atau programmer)

Setelah semua perangkat tersedia, maka prosedur untuk mengaktifkan atau menghidupkan sistem komputer adalah sebagai berikut:

a. Pastikan semua perangkat computer (CPU, keyboard, monitor, printer, mouse) telah terhubung pada terminalnya masing-masing.

b. Sambungkan kabel power monitor, CPU, dan printer ke stop kontak atau sumber tegangan listrik PLN.

c. Aktifkan CPU, monitor, maupun printer dengan menekan tombol power pada ketiga perangkat tersebut.

d. Tunggu beberapa saat sampai pada layar monitor muncul tampilan desktop.

e. Lakukan langkah selanjutnya sesuai dengan program yang diinginkan, dengan cara meng-klik mouse pada menu yang ada pada tampilan desktop.

Dalam perangkat keras komputer, proses mengaktifkan komputer sampai diambil alih oleh sistem operasi disebut dengan istilah bootstrap. Ketika listrik pada komputer dialirakan, arus listrik mengalir ke bagian chip yang ada beserta ke rangkaian elektronik lainnya yang tersambung pada mesin tersebut. Umumnya beberapa komponen menunggu hingga mendapatkan suatu perintah untuk bekerja, tetapi ada satu chip yang disebut dengan ROM BIOS (Read Only Memory, Basic Input/Output System). ROM bekerja mengambil kendali pada saat awal sistem mendapat aliran listrik. BIOS berisi seluruh jenis perintah sehingga program tersebut harus sudah diisikan ke dalam BIOS sebelumnya. Dengan diambil alihnya pengaturan komputer oleh BIOS, CPU siap untuk bekerja. Boot merupakan peristiwa untuk memulai operasi dari sebuah komputer. Pada saat komputer mulai diaktifkan, komputer melakukan serangkaian kegiatan awal untuk mempersiapkan sistem agar siap digunakan. Kegiatan tersebut diantaranya melakukan diagnosis terhadap kelengkapan perangkat serta pengecekan dasar dari masing-masing perangkat yang akan mendukung kerjanya. Setelah dilaksanakan diagnosis, langkah berikutnya adalah mengambil sistem operasi sebagai pengontrol kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh sistem.


Prosedur Mematikan Sistem Komputer

Mematikan komputer adalah pekerjaan yang sangat mudah. Namun, pekerjaan penutup ini kadang cukup menjengkelkan apalagi bila dikejar waktu. Selain membutuhkan waktu yang hampir sama dengan proses booting, kadang proses shut down tidak berjalan sebagaimana mestinya. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya Anda menyimak langkah berikut agar proses mematikan komputer dapat lebih nyaman.

Langkah-langkah atau prosedur untuk mematikan komputer yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut.

a. Simpanlah dahulu hasil pekerjaan anda pada folder yang diinginkan.

b. Setelah data disimpan, matikan pekerjaan anda dengan cara meng-klik tombol Close di pojok kanan atas.

c. Setelah layar monitor muncul tampilan desktop, Klik menu Start

d. Klik di bagian Turn Off

e. Muncul tulisan

Tulisan tersebut menghilang, komputer telah aman untuk dimatikan.

f. Jika komputer dapat secara otomatis offatau mati sendiri, maka tidak perlu menekan tombol off pada minitor maupun CPU. Bila tidak bisa mati secara otomatis, lanjutkan pada langkah berikutnya.

g. Tekan tombol off pada power monitor, CPU, maupun printer.


Catatan: Tips mematikan komputer dengan cepat Win XP

Mematikan komputer adalah pekerjaan sehari-hari yakni pada saat kerja usai. Mematikan komputer sangat mudah dilakukan, tetapi kadang menjengkelkan. Kadang proses shut down tidak berjalan sebagaimana mestinya sehingga tetap harus ditunggu. Oleh sebab itu, gunakan tips berikut untuk membuat shorcut untuk shutdown agar proses mematikan komputer lebih cepat. Dengan cara ini Anda tidak lagi harus meng-klik menu start dan turn off computer, tetapi sebelum mengklik shorcut shutdown ini tutup semua aplikasi yang masih terbuka .

Berikut ini cara cepat mematikan komputer.

a. Klik kanan mouse di sembarang tempat pada desktop

b. Klik New shorcut

c. Ketik Shutdown –s –t 00

d. Berilah nama Shorcut default nya shutdown.exe silahkan ganti sesuai keinginan contoh : fast shutdown setelah selesai klik finish.

e. Ganti Icon dengan Icon Turn off

Untuk mematikan komputer sebaiknya jangan langsung mencabut listrik yang terhubung pada komputer. Hal in dapat menyebabkan kerusakan pada hard disk/hard drive dan tidak menutup kemungkinan dapat merusak komponen lainnya. Dengan melakukan shutdown dengan benar dapat memberi kesempatan pada komputer untuk menyimpan setting yang berguna untuk booting dan konfigurasi komputer. Di samping itu shut down akan mempersiapkan seluruh software dan hardware untuk dimatikan sehingga tidak akan menimbulkan masalah jika.


Booting

Booting adalah suatu proses yang terjadi saat seseorang menyalakan suatu komputer. Berikut ini urutan proses booting komputer.

a. Setelah dinyalakan atau diaktifkan, semua register prosesor di setting kosong dan prosesor di setting reset.

b. Address 0xFFFF di-load di segmen kode (code segment) dan instruksi yang terdapat pada alamat address 0xFFFF tersebut dijalankan.

c. Saat terjadi proses booting secara umum program BIOS(Basic Input Output System), yaitu sebuah software dasar, terpanggil.

d. BIOS akan melakukan cek terhadap semua error dalam memory, device-device yang terpasang/ tersambung pada komputer seperti port-port serial dan lain-lain. Proses ini disebut dengan POST (Power-On Self Test).

e. Setelah mengecek sistem tersebut selesai, BIOS akan mencari sistem operasi, memuatnya di memori ,dan mengeksekusinya.

f. Dengan merubah setup BIOS dapat menentukan agar BIOS mencari sistem operasi ke dalam floppy disk, hard disk, CD-ROM, USB dan lain-lain, dengan urutan yang kita inginkan.

BIOS sebenarnya tidak memuat sistem operasi secara lengkap tetapi hanya memuat satu bagian dari kode yang ada di sektor pertama (first sector disebut boot sector) pada media disk yang telah ditentukan. Fragmen kode yang harus berada pada boot sector disebut sebagai boot-strap loader. BIOS akan memuat boot-strap loader tersebut ke dalam memori diawali pada alamat 0x7C00, kemudian menjalankan boot-strap loader, selanjutnya boot-strap loader memuat Sistem Operasi dan melakukan setting yang diperlukan agar Sistem Operasi dapat berjalan. Rangkaian proses inilah yang dinamakan dengan booting.

Jenis-jenis Booting

Berdasarkan prosesnya, dikenal beberapa jenis booting, yaitu:

a. cold boot

Boot yang terjadi saat komputer dari keadaan mati, kebalikan dari warm boot.

b. warm boot

Boot yang terjadi saat komputer dialiri listrik kembali dan listrik dimatikan hanya sejenak. Tujuannya mengulang kembali proses komputer dari awal. Warm boot ini biasanya terjadi disebabkan oleh software crash atau terjadi pengaturan ulang dari sistem.

c. soft boot

Boot yang dikendalikan melalui sistem.

d. hard boot

Boot yang diakukan dengan cara dipaksa.

e. reboot

Peristiwa mengulang kembali sistem dari awal. Reboot dilakukan oleh beberapa hal antara lain sistem tidak bereaksi dalam beberapa lama atau terjadi perubahan setting dari sistem.



Rangkuman

Perangkat minimal yang harus tersedia dalam mengoperasikan komputer adalah: monitor, keyboard, CPU, mouse. Hardware, software, dan brainware. Menghidupkan dan mematikan komputer harus melalui prosedur yang benar. Booting adalah suatu proses yang terjadi saat menyalakan suatu komputer.

06211023 ~ NANU SULIARTO